8 Jun 2009

AMA BOY,OP.MORA DOHOT AEKBOLON SEBUAH TANGGAPAN (Bgn II)

"Huposting langsung do tanggapan ni bapai ala mansai ringkot do huetong, jala sesuai aslina do (not edit).Sian serep ni roha hupasahat ma maulite di bapauda/keluarga"



NEGERI AEKBOLON NAJOLO TU SAONARI

Kutipan tulisan dari blog berjudul : AMA BOY, OP.MORA DOHOT AEKBOLON Kamis, 2009 Mei 28
..... Hea do tong adong namandok Aekbolon dang huta ni Siahaan i, na sonduk hela do Siahaan tu si (aha muse on). Jadi huta ni ise do Aekbolon? huta ni Raja Tampubolon do? huta ni Raja Pardede do?. ……

Jala namanubu hon Op.Mora pe marhula-hulahon Raja Tampubolon do, songoni tong Ompung ni Ompu Mora tong do marhulahulahon Raja Tampubolon. Molo memang na sonduk hela do Op.Mora Siahaan tu Aekbolon mulai sian Ompu dia ma i? jala dang holan Op.Mora Siahaan namarhuta disi adong tong disi marhuta haha doli Datu Jonggar suang songoni haha doli Parasi jala boasa dang adong muse disi marhuta anggi doli Rajai Hot nihuta(data di au 3 ma anak niRajai Hotnihuta :1.Sahatnihuta 2.Sohuturon 3.Hasantian)
Tu dia do marhuta na 3 i? Sahat tu saonari on dang haru niboto pomparan ni Rajai Hotnihuta on. Tangan manomba dohot jari-jari sampulu pasumpulu sada simanjujung, jumolo au marsantabi molo adong nahurang/lobi dipanuratan on-Mauliate molo adong nanaeng patingkoshon . Mauliate molo adong nanaeng patingkoshon
Tanggapan 2 atas kutipan tulisan diatas :
6. BONA NI PINASA dan BONA PASOGIT NI OP.MORA qq. Op.JUMORONG

Bona ni Pinasa = Tano / huta hatubuan (tempat dilahirkan)
Bona Pasogit = Parhutaan pinungka ni sada marga manang saompu (Perkampungan yang di
dirikan oleh satu marga atau satu Ompu)
Berdasarkan kalimat diatas bahwa marga-marga pemilik Bona ni Pinasa dan Bona Pasogit atas huta ini sbb :
1. Lumban Ginabean = Sianipar
2. Lumban Toruan = Siahaan Tuan Mauli/Datu Jonggar/Op Ni Aek Bolon
3. Lumban Lintong = Sianipar
4. Sosor Gonting = Siahaan Tuan Mauli/Datu Martahuluk/Amparasi + Panjaitan *)
5. Siparenggean = Siahaan Juara Monang/ Sitohang Uruk *)
6. Dolok Nasuk-suk = Siahaan Tuan Mauli/Datu Martahuluk/Op.Jumorong
7. Sait ni huta = Siahaan Tuan Mauli/Datu Martahuluk/Op.Jumorong + Siahaan Sibuntuon *)
8. Lumban Gaol = Tampubolon Sariburaja / Giot Raja
9. Tarutung = Tampubolon Sariburaja / Giot Raja + Sianipar *) + Simanjuntak*)
10. Pandia = Tampubolon Barimbing Raja Mataniari + Simatupang *)
11. Sampuran = Siahaan Tuan Mauli/Datu Martahuluk/Soit ni Huta @) +
Tampubolon*) + Simanjuntak*)
*) marga naro + sonduk hela + maisolat
@) molo ndang sala pindah tu daerah gurgur.

Sait ni huta menjadi parhutaan oleh anak-anak OP.MORA a.l Op. Andan, Op.Lansat Na Begu (sebagian), Op.Soingganon dan Op.Huala, sehingga Dolok Nasuk-suk dan Sait Ni Huta adalah Bona Ni Pinasa dan Bona Pasogit Ni Op. Mora qq. Op. Jumorong dan pinomparnya.

Fakta
• Op.Aek Bolon cucu pargoaran Tuan Mauli anak sulung Datu Jonggar datang dari Paindoan dan si Pukka Huta di Lumban Toruan. Nama Aek Bolon ditahbiskan (dipampe) karena sudah memisahkan diri dari huta Paindoan.
Bersamaan dengan pindahnya Op. Aek Bolon juga Bapa Udanya Datu Martahuluk Anak No,2 Tuan Mauli mamukka huta di Sosor Gonting dan selanjutnya :
• Amparasi Cucu 1 Datu Martahuluk tinggal di Sosor Gonting, Op. Jumorong cucu No.2 DM mamungka huta di Dolok Nasuk-suk dan Op Ihot Ni Huta cucu No..3 DM di Sampuran.
• Tampubolon Sariburaja / Giot Raja ro sian Lumban Atas Negeri Tampubolon marhuta di Tarutung + Lumban Gaol.
• Tampubolon Barimbing Raja Mataniari ro sian Sitampulak Negeri Tampubolon marhuta di Pandia.
• Sitohang Uruk ro sian Lumban Uruk Negeri Sibuntuon (sonduk hela ni Parluhutan ro sian huta Sitohang Uruk Samosir)

7. Hubungan OP.MORA VS TAMPUBOLON

1. Op. JUMORONG soripadana br Tampu Bolon Sariburaja/Giot Raja sian Lumban Atas.
2. Op. ANDAN I soripadana br Tampu Bolon Sariburaja/Giot Raja sian Lumban Atas
3. Op. HUALA I soripadana br Tampu Bolon Sariburaja/Giot Raja sian Tarutung AB
4. Op. MORA soripadana br Tampu Bolon Sariburaja/Giot Raja sian Lumban Atas
5. OP.SOINGGANON soripadana br Tampu Bolon Sariburaja/Giot Raja sian Lumban Atas
6. OP.CALVIN soripadana br Tampu Bolon Sariburaja/Giot Raja sian Tarutung AB
7. OP.RITTAR soripadana br Tampu Bolon Sariburaja/Giot Raja sian Lumban Atas
8. Op. INAMORA soripadana br Tampu Bolon Raja Matani Ari sian Sitampulak.

Catatan :
 Anak Tampubolon Sariburaja Lumban Atas :
1. Giot Raja 2. Giot Paruma. 3. Giot Nabegu 4. Giot Datu
 Dalam Tarombo Tampu Bolon Sariburaja/Giot Raja ada tertulis boru ni GIOT RAJA marhamulian tu Op.Jumorong Siahaan sian Dolok Nasuk-suk Aekbolon.
 Boleh jadi sd Op.Rittar yang tetap melanjutkannya sesuai tulisan diatas.
 Secara kebetulan Op.Inamora juga 2 periode jadi pengurus di Hasadaan Tampubolon dohot Boruna Sejabodetabek.
 Dalam pelaksanaan Ulaon sering saya mendapat jambar bere dan boru natua-tua.

Pertanyaannya : Dalam ulaon adat, masih adakah sebutan diginjang ni BONA NI ARI ???
Dibagasan Yesus Kristsus sada do hita tong-tong
Marcyus Siahaan gelar Op.Inamora
e-mail atau fb : mcs.siahaan@gmail.com hp : 0818899510

8. POMPARAN OP.MORA MENYEBAR KE SUMATERA TIMUR.

Utamanya mengolah tanah sawah, kebun dan sedikit ternak dari hasil inilah yang menjadi sumber hidup pinompar Op.Mora pada umumnya sd generasi 12. Sejalan dengan adanya transportasi dan terbukanya lahan perkebunan (onderdeming) di Sumatera Timur, terbuka pula lahan pertanian diseputar perkebunan tsb. Bona Pasogit Aekbolon sudah semakin sempit untuk diolah dan sulitnya transportasi*) untuk mengangkut hasil pertanian mendorong beberapa Pinompar Op.Mora melirik daerah panompabangan yang lebih menjanjikan kehidupan yang lebih layak.
*) butuh sembako harus memikul/manghunti beras/hasil kebun dari Aek Bolon ke Onan Balige untuk dijual/
diuangkan,.... silakan mencoba membawa beban +/- 20 Kg dipundak atau dijunjung sepanjang 5 Km
pada kondisi jalan naik/turun, berbatu dan licin tanpa alas kaki.

Sebarannya adalah sbb;
Op.MULANA/br.Tampubolon Dari data maupun keterangan hanya mempunyai keturunan Boru sbb :
1. Mora marhamulian tu Tampubolon Pandia
2. Adik Mora 1 marhamulian tu Sitohang Siparrenggean.
Sepeninggal Op.Mulana soripadanya br.Tampubolon di pagodang Op.Lansat Nabegu memiliki 2 boru.
3. Adik Mora 2 marhamulian tu Sianipar Lumban Ginabean
4. Adik Mora 3 marhamulian Tu Tambunan sian luat Tambunan.
Pinompar dari ke empat boru ini banyak di Jabodetabek dan sering kontak saya.

Op.GIMBA/br.Tampubolon/br.Tampubolon- mempunyai 2 orang anak yakni :
1.Ompu Jita/Br.Pardede
3 orang anak yaitu 1. Op.Saiden 2.Op.Tionar 3. Op.Ojak (Kasindir Tiga dolok Kab. Simalungun )
2.Ompu Mallampu/Br.Napitupulu
2 orang anak yaitu : 1.Op.Mangatur/Br.Napitupulu (Aek Bolon) 2.Gr.Bunga/Br.Pardede (Kasindir Tiga dolok
Kab. Simalungun )
Anak ni Op.Mangatur 2. yaitu :1.Julianus/A.Mangatur/Br.Tampubolon (Aekbolon) 2.Mei (A.Mombang)/
br.Pardede (Kasindir Tiga dolok Kab. Simalungun )
Sepeninggal boru Pardede Mei / A.Mombang pagodang parumaenna br. Tampubolon (dr anak no.3)
Anak ni Gr.Bunga 4 yaitu : 1.Soiam 2.Gr.raya 3.Juri 4.Burman. (sundut 13 sian Somba Debata)
(Kasindir Tiga dolok Kab. Simalungun )

Op.ANDAN/br.Pardede memiliki seorang anak yaitu Ompu GALIA
Op.Galia memiliki 5 orang anak yaitu : 1.Op.Saruam 2.Op.Tionar 3.Op.Jenni 4.Op.Jumorong 5.Op.Mangontang (1 di Aek Bolon, 4 di Kasindir )

Op.SILANSAT NABEGU/br.Pardede mempunyai 2 orang anak yaitu : 1.Op.Mangalanja 2.Op.Tumiar
Op.Mangalanja memiliki 9 orang anak yaitu :
1.Op.Manaring/br.Napitupulu (gelar Pai 1) (Aekbolon)
2.Op.Tambos/br.Panjaitan (gelar pai 2) (Kisaran)
3.Op.Artia/br.Napitupulu/br.Napitupulu) (gelar pai3) (Aekbolon)
4.Op.Hotlan/br.Tampubolon/br.Siagian) (gelar pai 4) (Aekbolon)
5.Op.Sahat/br.Simanjuntak (gelar pai 5) (Dolok siNumbah / Pem.Bandar)
6.Op.Marliat/br.Simanjuntak (gelar pai 6) (Pem.Bandar)
7.Op.Jumongga/br.Sianipar (gelar pai 7) (Aekbolon)
8.Op.Leli/br.Napitupulu (gelar pai 8) (Aekbolon)
9.Op.Binahar/br.Napitupulu (gelar pai 9) (Tanah Jawa)

Op.TUMIAR /br.Sianipar memiliki 2 orang anak, yaitu 1.A.Tumiar 2.Op.Ika/br.Siparenggean (tdk ada data)

OP.SOINGGANON/br.Tampubolon memiliki 2 orang anak yaitu :
1.Op.Sihar/Saudagar sibirong
2.Op.Calvin / Saudagar sibontar.
Op.SIHAR/Saudagar Sibirong memiliki 2orang anak yaitu :
1.Op.Joni ((Pem.Bandar)
2.Op.Parulian (Aekbolon)
Op.CALVIN / Saudarar Sibontar memiliki 3 orang anak yaitu
:1.Op.Sondang )
2.Op.Rittar ) (Raja Maligas I Tanah Jawa )
3.Op.Bikner )

P.HUALA/br.Tampubolon memiliki 3 orang anak yaitu :
1.Op.Marhassing/br.Sianipar
2.Op.Marsontang/br.Simanjuntak 3.Op.Ujungan/br.Tampubolon
Op.Marhassing/br.Sianipar meiliki seorang anak yaitu Op.Manna (Kisaran)
Op.Marsontang/br.Simanjuntak memiliki 4 orang anak yaitu : 1.Op.Marhutala 2.Op.Pantun 3.Op.marihot 4.Op.Panni
(Marjanji Tanah Jawa)
Op.Ujungan/br.Tampubolon memiliki 4 orang anak yaitu : 1.A.Ujung 2.A.Tiorna 3.A.Rosmia 4.A.Manambun (Kisaran, Sungai Mangkei, Aekbolon)

Daerah panombagan tersebut diatas dilakukan pinompar Op.Mora yang umumnya generasi 12. Saat ini tahun 2009 diatara 1 2ini yang masih hidup adalah Op.Leli (gelar pai 8) (Aekbolon) dan Op.Binahar (gelar pai 9) (T. Jawa)
Generasi 13 menyebar lagi ke semua pelosok dengan berbagai profesi dan yang hidup kini boleh jadi tidak sampai bilangan jari. Generasi 14 umumnya adalah anak-anak yang lahir ditano parserahan, dan nama OP.MORA dan nama DOLOK NA SUK-SUK, SAIT NI HUTA dan AEK BOLON seolah sudah menjadi nama asing.

Masihkah ada kepedulian Pinompar OP.MORA akan Bona Pasogit dan leluhurnya ? Mari kita ajarkan dan bekali anak-anak kita rahasia indentitasnya Ise do ahu , Ompunghu jala didia do Bona Pasogithu.

9. AWAL SEBUTAN OP.MORA

Kutipan tulisan blog:
...... On ma simin ni Ompu Mora na pinungka ni Ompu i naujui (mohon data empiris tahun pembuatan bagi yang mengetahuinya). Sinungkun inong (tubu taon 1938) nunga adong simin i uju haetehonna. Inganan ni simin i di Toru ni huta Dolok Nasuksuk Aekbolon Jae Kecamatan Balige kabupaten Tobasa.....

Catatan : Tulisan ini secara data empriris sudah pasti tidak memenuhi syarat karena hanya ingatan, semoga yang lain
dapat melengkapinya.

Semasa kecil di Aek Bolon (1947-1957) saya ditugasi marmahan horbo, tu Julu, Parjombengan, Sibuni-buni, Tarutung, ginjang /Toru Lumban Gaol, Tinjung. Helleng-helleng dna. Saat itu yang kami selalu bersama adalh Liberty dan kadang dengan Jannen. Seingat saya mulai melakukan tugas ini masih Balita dan dari parmahanan saya mengenal Sekolah Rakyat Sending (ES ER ES) di Pargodungan (lingkungan Gereja). Untuk sekarang hal ini dianggap pemerkosaan hak azasi anak-anak, nmaun itulah sikon kehidupan saat itu di Aek Bolon.
Karena Bapa/Inong saya sering berkunjung ke Lumban Atas Tampubolon dan Raja Maligas, sehingga saya lebih banyak tinggal di rumah Ompung (baik saat Ompung doli ada dan sekalipun hanya dengan Ompung boru)
Setiap sore menjelang parmahan dan horbo pulang kandang, Ompung Doliku sudah duduk diatas losung batu (lihat photo huta hatubuan, losung batu berada dibawah balatuk, sementara rumah Ompungku dan ketiga anaknya sudah tidak ada lagi) menunggu kedatangan saya pulang. Setelah horbo masuk kandang saya diperintahkan untuk mandi ke sibual-bula dan ganti baju bersih. Sepulang mandi Ompung doliku ini tetap setia menunggu diatas losung batu, selanjutnya mengajak naik kerumah untuk makan malam. Hal berjalan setiap harinya. Sehabis makan malam Ompung Doliku ini sangat banyak cerita yang tanpa bosan-bosan dalam 1 x 1 minggu muncul lagi cerita yang sama (setelah saya meningkat dewasa baru saya pahami bahwa cerita Ompung itu adalah pedoman hidup)

Op.Calvin/ saudagar sibontar ( 1866 – 1955) menurut penuturannya kepada saya. memiliki hubungan yang sangat dekat dan khusus bahkan sangat pribadi (baca Riwayat Op.Soingganon dan anaknya Saudagar ) dan pola inilah yang diterapkan beliau kepada saya.

Penuturan Op.CALVIN kepada Marcyus.
Bahwa Op.Mora terlahir hanya satu-satunya anak laki-laki sebagaimana Bapaknya, Ompungnya dan Ompung Bapaknya (lihat tarombo). Sadar akan kesendiriannya disamping belajar ditempat tertentu juga menerapkan Mata Guru, Roha Sisean, ditambah dukungan dari Tulang dan Ompung Tampubolon.
Beliau adalah seorang yang memiliki kemauan keras dan tekad yang tetap bulat untuk mengasah kermampuan yang lebih besar dan harus ditempa dari waktu ke waktu, sehingga dimasa mudanya beliau sudah cukup dikenal dan disegani dikalangan DNT sebagai seorang yang berhikmat (namarbisuk) dengan falsafah : 2 boi + 1 ingkon (2 boleh + 1 harus) sbb :
1. Seseorang Boleh miskin dalam harta benda, namun tidak boleh miskin nurani/kemauan, karena harta benda tidak selamanya menyertai hidup (boi do pogos di sihaadongon, alai unang pogos di parrohaon, siala arta ndang manontong saleleng ni ngolu) . disimulasikan dengan menggesek jempol dan jari manis tangan kanan.
2. Seseorang Boleh miskin dalam pangkat/ jabatan, namun tidak boleh miskin dalam kemampuan dan tanggung jawab serta perbuatan, karena ini tidak selamanya menyertai hidup (boi pogos di harajaon, alai unang pogos pangulahonon jala mangula sian nasa roha) , disimulasikan tangan kiri menunjuk bahu kanan.
3. Seseorang Harus berhikmat dan bijak karena ini akan menyertaimu sepanjang hidupmu bahkan harta benda, pangkat/ jabatan akan mendekatimu (ingkon marbisuk jala marroha, siala on ndang mago saleleng ngolum, sihaadongon dohot harajaon ro do manjonok tu ho) disimulasikan dengan telunjuk tangan kanan ditempelkan ke kepala.

Dalam kesehariaanya hidupnya dibuktikan dengan perbuatan, tutur kata, moral termasuk dalam pengambilan keputusan dalam hal yang paling pelik sekalipun dalam hukum dan adat sebagai tatanan hidup tertinggi dalam msayarakat Batak. Rasa hormat dan penghargaan orang disekitarnya menjulukinya Ompu ni na mora di habisukhon dohot parroharaon
Setelah anak sulungnya Op.Mulana mendapat anak yang dilahirkan boru Tampubolon yang sekaligus pahompu panggoaran baginya. Pada saat martutu aek ( kristen = baptis) dilaksanakan acara adat mamampe goar (pentahbisan) OMPU MORA karena sang cucu dinamai si Mora.

Sejalan dengan falsafah hidup yang dianutnya 2 boi + 1 ingkon , 2 boi ibarat pucuk dipinta ulam tiba, saat itu Op.Mora jadi anak sipajoloon dan anak sibulang-bulangan, bahkan harta benda konon tidak muat di bara dan di ruma.
10. TUGU OP.MORA
Kutipan tulisan blog:
....... Molo tarimangi namarsangkap ma ompu i najolo asa sisada anak sisada boru sisada tahi nasida namarhaha maranggi diangka ulaon namasa tingki i, sada sungkun-sungkun behado ompui patupahon simin i? jala piga leleng tingki pasaehon?, holan panggu dohot raut/parang dope adong ujui. ......

Untuk mendeklarasikan citra dirinya Op.Mora membangun Jabu Ruma dan Tugu untuk dirinya dan anak cucunya ( +/- tahun 1850) yang kita kenal Simin ni Op.Mora. Tugu ini dirancang dan dibagun oleh Arsitek dan Ahli konstruksi bangunan khusus dengan mengambil bentuk ukuran dan ukiran(gorga) yang sama persis dengan Jabu Ruma di Dolok Nasuk-suk. (seingat saya Jabu Ruma ini terakhir ditempati kel Jannus/Ponding,..... sudah rubuh ?).
Tahun ini dapat diterima dengan alasan pada saat Jabu Ruma dan Tugu ini dibangun sudah lahir pahompunya si Mora dan beberapa pahompu yang lain dari anak no. 2 dst (bandingkan dengan umur Op.Calvin / Saudagar sibontar pahompu dari anak No. 5 dan penulis)

Himbauan untuk direnungkan (sipahusor-husoron ni roha) :
• Kata Simin adalah sebutan yang ada pada saat tersebut dan belum mengenal kata Tugu. Kata Simin utk orang Batak lebih rendah dibanding Tugu. Contoh: tangga simin (tangga rumah pangung dari bahan semen), lantai simin (lantai rumah) atau kuburan simin (dengan ukuran tertentu dan lebih kecil dari tugu) Selayaknya kita pinompar menyebutnya sekaligus meninggikan nama beliau dengan TUGU OP.MORA.
• Si MORA soripada ni Op.Jumollang Tampubolon Baringbing Raja Matani Ari dari Pandia Aekbolon. Selayaknya kita selalu menyertakan pinomparnya tiap kegiatan / ulaon selaku dongan sagoar ni OP.MORA dan bagian dari kesatuan 6 orang anaknya. Dengan dasar kalimat ...... Molo tarimangi namarsangkap ma ompu i najolo asa sisada anak sisada boru ....... tentu bukan pemanis bibir, namun perbuatan.

Fakta :
Masyarakat Batak umumnya pinomparlah yang mendirikan tugu Ompungnya mis. Tugu Tuan Sihubil , Tugu Sibagot Ni Pohan , Tugu Somba Debata . Op. Mora mendirikan untuk dirinya sd pinomparnya..... bukankah ini hal yang luar biasa.
1. Arsitek dan Ahli Kontruksi Bangunan darimana gerangan didatangkan beliau, karena pada saat itu masih sangat jarang bangunan sekokoh tugunya dan berbahan dasar semen. (Semen dunia dipatenkan 1824, saat itu 100% impor, harus ada ijin pemakaian terutama trasnportasi dari pasar hingga Aekbolon) dan yang bagian dalam berongga/rauangan (bandingkan tugu Juara Monang, tugu SM Raja ada setelah 100 tahun setelahnya dan sudah ada pabrik semen Dalam Negeri + sarana tranportasi sdh terbuka).

11. TULISAN NAMA PADA TUGU OP.MORA
Rdj O.MORA SIAHAAN
O si MORA br.Tampubolon

1.Rdj O. Mulana/Br. Tampubolon
2.Rdj O. Gimba/Br.Tampubolon/Br.Tampubolon
3.Rdj O. Andan/Br.Pardede
4.Rdj O. Lansat Nabegu/Br.Pardede
5.Rdj O. Seingganon/Br.Tampubolon (seharusnya Op.Soingganon)
6.Rdj O. Huala/Br.Tampubolon
Selesai renovasi Pinompar Op.Mora dari desa na ualu secara bersama melakukan syukuran dihadiri unsur DNT . Saat tsb saring-saringnya Op.Calvin br Tampubolon parumaen no.2 Op.Soinggananon, dianggkat dari R.Maligas Tanah Jawa dan dimasukkan dalam tugu ini.
Tulisan nama pada tugu Op.Mora sesuai yang tertera diatas, dibuat pada saat pemugaran tahun 1972 dan memang belum ada sebelumnya faktanya;
 Batu nisan atau nama seseorang di pekuburan tidak dituliskan sebelum ybs dimakamkan didalamnya.
 Perhatikan penulisan huruf u, umumnya masih menggunkan oe. Bahkan penulisan Rdj seharusnya Rj. karena tahun 1972 sudah menggunakan Ejaan yang disempurnakan.
Sekilas Tarombo Op.Mora versi partangiagan setelah selesainya pemugaran tugu Op.Mora tahun 1972 di Dolok Nasuk-suk.

1. Ompu Jumorong soripadana br Tampubolon Giot Raja, anak = 1 (br Sihombing ???)
2. Ompu Huala I soripadana br Tampubolon Giot Raja, anak = 1
3. Ompu Andan I soripadana br Tampubolon Giot Raja, anak = 1
4. Ompu Mora soripadana br Tampubolon Giot Raja, anak = 6
4.1 Op.MULANA soripadana br Tampubolon Giot Raja
4.2 Op.GIMBA soripadana br Tampubolon 2 x ??
4.3 Op.ANDAN soripadana br Pardede
4.4 Op.LANSAT NABEGU soripadana br Pardede
4.4 Op.SOINGGANON soripadana br Tampubolon Giot Raja
4.5 Op.HUALA soripadana br Tampubolon Giot Raja

12. RIWAYAT Op. SOINGGANON dan ANAKNYA SAUDAGAR.
Penuturan OP.Calvin dan Op.RITTAR kepada Marcyus.
Untuk semua pinompar Op.Soinggaon dari generasi ke generasi harus mengingat dan melakukan 2 hal utama.
1. Tidak boleh dan jangan pernah mengejek/mencemooh/ menertawaakan orang cacat terutama yang sumbing.
2. Setiap bertemu dengan marga Tampubolon, sebutkan dan beri salam ”Horas Tulang”
Setiap pasangan manusia sangat senang, gembira dan tersenyum bila setiap mendengar suara tangisan anak yang baru lahir. Berbeda dengan kelahiran anak ke 5 Op.MORA. Untung tidak dapat diraih, malang tidak dapat ditolak. Anak lahir dengan tangisan yang betul-betul terlihat dari wajahnya tetapi tanpa suara layaknya bayi kecuali desis. Yang paling getir setelah diperiksa dengan seksama apa sebab tidak ada suara tangisan ...... ternyata lahir dengan bibir sumbing bahkan rahang kiri atas terbelah hingga rongga hidung. (inilah fakta penuturan Ompung Doliku yang saat itu saya saksikan pada saring-saringnya yang ditempatkan pada pinggan pasu tahun 1961). Ternyata derita seolah belum lengkap dan tidak berakhir disitu, karena si anak tidak dapat menyusu sebagaimana layaknya anak lainnya karena rongga mulut yang selalu terbuka dan tanpa reaksi sedotan (secara alami lidah dan rongga mulut menyedot sehingga air susu terhisap).
Kuatir akan kondisi anak yang makin melemah yang membutuhkan asupan gizi utk kelangsungan hidup, Op.MORA memberitahu dan mengumpulkan semua unsur DNT khususnya Hula-Hula dan Tulangnya Tampubolon. Maksudnya ialah ” Agar unsur DNT yang membuat Keputusan , karena sudah tidak ada jalan lain baginya untuk kelangsungan hidup si anak ”
Dipagi hari berikutnya saat matahari mulai terbit, semua unsur DNT telah berkumpul ditengah halaman Jabu Ruma di Dolok Nasuk-suk. Hula-hula dan Tulang Tampubolon disepakati pemegang peran utama upacara Martonggo ini. Setalah Hula-hula Tampubolon menggendong si anak, mulailah beliau martonggo, seperti ini.

Op.Mulajadi Na Bolon, ho do mula ni sude na adong di portibion, laos songoni nang hagabeon lumobi di borunami ditingkion, tamba ni angka bere nami naung parjolo tubu songon parbue ni angka tangiangnami marhite-hite pasu-pasum. Tangkas doi dilehon Ho Ompung alai diberenami on biasan hami Ompung di hajolmaon, siala ni hupasahat hami ma mulak muse tu ho sian na ni lehonmi tingkion.
Selanjutnya karena mereka tidak tega untuk membunuh langsung sehingga dengan sepakat ditempatkan dimulut pintu kandang kerbau (Toru bara dibawah rumah) dengan maksud agar kawanan kerbau sekeluar dari kandang akan menginjak-injak si anak, lalu mati.

Hula-hula / Tulang Tampubolon menaruh si anak di mulut kandang kerbau dan serta merta kandang dibuka dan kerbaupun keluar satu persatu. Ternyata diluar dugaan ..... kerbau pertama menggeser (manghaishon) sianak dengan kaki depannya agar tidak terinjak. Demikian juga kerbau kedua ketiga dan seterusnya dan sianak tetap selamat seperti semula.

Proses yang sama dilakukan lagi terhadap kawanan Lembu/Sapi bahkan untuk ketiga kalinya di kandang Kuda, ..... semua kejadiannya adalah sama dengan adegan kandang di kerbau.

Selepas adegan Kuda terakhir ....... yang ternyata sianak tetap utuh dan selamat, ndang boi hupature-ture hami sialani tihasna, na soboi manarus laho manguduti ngoluna. Ndang na Hula-hula Tampubolon mengangkatnya dan berteriak :
Horas – horas – horas , digomgom tondinami do ho amang berengku hasian, Imbur-imbur ma godang ma ho ombuson pura-pura. Ditingkina muse ingkon gabe helangku do ho”

Ide untuk mengambil tahul-tahul (kantong kera) muncul seketika. ASI diperas kedalam tahul-tahul lalu diteteskan dengan membuka kerongkongan si anak. Ternyata sianak tetap hidup dan beranak cucu dengan gelar Op.SOINGGANON dan salah satu turunannya adalah penulis cerita ini.

Saatnya anak Op.Mora No.5 ini sudah cukup umur (belum jadi Op.SOINGGANON) Hula-Hula/ Tampubolon sangat ingat akan doa dan ikrarnya. Op,Mora diberitahu bahwa pihak Hula-Hula/ Tulang akan mengantar borunya untuk pasangan berenya, yang tentu sudah lebih dulu disepakati oleh semua pihak Hula-hula Tampubolon sebelumnya pada hari pasar (Onan) Balige.

Di hari pasar (Onan) Balige dengan marudur Hula-hula Tampubolon Giot Raja Lumban Atas mengajak borunya Maronan sekaligus ditawari belanja sepuas-puasnya apa saja yang bekenan di hatinya mulai dari baju, emas dst. Di sore hari uduran ini menuju Onan Raja sehingga menimbulkan tanda tanya besar bagi boru Tampubolon, mengapa arah jalan pulang bukan ke Lumban Atas.
Uduran menjawab bahwa kita akan ke Dolok Nauk-suk Aekbolon huta ni namborum dan kamu akan diperisteri anak amangborumu Op.Mora No.5. Boru Tampubolon ini sudah sangat mengenal pariban yang dimaksud, spontan histeris dan meronta-ronta dia menolak dan tidak mau diperisteri pariban yang cacat.

Bagi Hula-hula Tampubolon lebih taat akan Ikrar sekalipun hal itu adalah pelanggaran HAM Dengan pelepah daun enau. boru Tampubolon diikat didalamnya (dilambe) untuk lebih mudah mengangkatnya. (dilambe layaknya mengikat pinahan lobu/B2) sampai Dolok Nasuk-suk.
Pihak Hula-hula Tampubolon Lumban Atas menyerahkan proses adat mangarajahon kepada Hula-hula Tampubolon Tarutung. Kejadian ini ternyata sangat terkesan bagi pihak Hula-hula Tampubolon bahkan seolah legenda yang sampai sekarang masih muncul ucapan pinompar ni boru na ni Lambe.

Dari pasangan ini lahir 2 orang putra dan satu orang putri.
Saat ketiga anak ini butuh didikan dan pengajaran dan bimbingan seorang Bapak adalah mustahil karena mereka tidak pernah mendengarkan suara Bapaknya kecuali bahasa isyarat.
Ompungnya Op.Mora melihat dan menangkap kelemahan dan kegetiran pada wajah-wajah ke tiga pahompu ini, sehingga beliau secara khusus berbagi waktu dan pikiran untuk mereka.
Op.Calvin jujur dan berkata, secara phisik Op.Soingganon adalah Bapaknya, secara phisihis terutama didikan dan ajaran Op.Moralah Bapak dan Gurunya. Boleh jadi dari sinilah cikal bakal kedekatan khusus antara Ompung dengan cucunya.

Di masa kanak-kanaknya lingkungan selalu mencemooh / mengejek mereka dengan ” Anak ni na Tupikhon, anak ni na ni Lambe” Situasi ini berlanjut terus hingga masa remaja dan untuk menghindari cemoohan / ejekan dan rasa pilu yang sangat dalam berdua meninggalkan Aek Bolon meninggalakan Ompung, Among dan Inong dan ibotonya jelasnya orang-orang yang sangat dikasihi, tanpa tujuan yang jelas. Berdua menjadi pedagang garam dengan menggunalan jasa pangallung dari Toba Habinsaran/Parhitean ke Toba Hasundutan dan Humbang.
Ukuran / tinggi badan dan wajah yang sangat mirip membuat orang sangat sukar membedakannya. Warna kulit yang kontras menjadi ciri untuk membedakan keduanya sehingga muncul sebutan Saudagar si birong untuk yang tertua dan Saudagar si Bontar untuk yang termuda.

Setelah dagangan laku terjual di Humbnag atau di Toba Hasundutan, Saudagaar Sibirong dan Saudagar Sibontar selalu pulang ke Aek Bolon dan kesempatan ini selalu dimanfaatkan untuk berkunjung ke Ompungnya OP.MORA sekaligus menimba didikan dan ajaran. Kegiatan Saudagar ini berakhir setelah tranportasi jalan raya Balige - P.Siantar maupun sebaliknya Balige – Sibolga dibuka oleh pemerintah Belanda.

Catatan : Boru ni Op.SOINGGANON marhamulian tu SIMAGUNSONG Pearaja, dan
SOINGGANON marhamulian tu SIANIPAR Siopat-opat dan pinomparna tinggal di
Siabal-abal Pem.Siantar.
Kiranya kasih karunia Kristus memberkati kita
Cipinang Muara Jakarta : 5 Juni 2009
Marcyus Siahaan gelar Op.Inamora
e-mail mcs.siahaan@gmail.com face book ; marcyus siahaan HP : 0818899510

6 comments:

  1. Untuk melengkapi data-data berikut ini saya pos kan data -data yang saya ketahui :
    Pahompu sian Op.SILANSAT NABEGU yang masih hidup sampai saat ini hanyalah Op.LELI/pai 8 yang tinggal di Dlk Nasuksuk Aekbolon Balige. Anak dari Op.LELI ada 3 yaitu : 1.Ramli/Ama Leli tinggal di Aek bolon, 2.Lukman tinggal di Medan 3.Boston tinggal di Medan
    Jabu Ruma/pemiliknya disebut Par RUMA/Op.Pai 3/Op.ARTIA, jabu RUMA tersebut saat ini sudah rubuh dan tiang-tiang serta materialnya dijual.
    Op. pai 9/Op.BINAHAR memiliki 2 orang anak yaitu :1. Sabungan/br.Napitupulu 2.Jhon
    Sabungan/br.Napitupulu memiliki 2 orang anak yaitu 1.Binahar 2.Harry
    Kata bijak "Jangan pernah bosan berbuat baik, hasil tidak datang seketika tetapi masa kemudian anak/cucu op.Mora

    ReplyDelete
  2. Maaf bila saya tdk up date bhw Bapa Tua Pai 9 naung jumolo di T.Jawa , karena info ini belum pernah saya dapat. Kini yang hidup generasi 12 Op.Mora hanya Bapa Tua Pai8 bukan ?
    Syukur ada Blog ini sebagai sumber informasi.
    Kritus memberkati kita semua. Mauliate

    ReplyDelete
  3. Tampubolon, Gindo23 June 2010 at 09:48

    sebagai pinompar ni tulangmu tampubolon sian tarutung aek bolon saluuut buat amangboru, semoga data dan ide diikuti oleh yang lebih muda

    ReplyDelete
  4. Mauliate di Tulang Tp.Bolon naung mangalehon tingki mandulo blog on huhut mandasdasi nauli nadenggan marhite blog on. Molo adong tingki ni Tulang asa sangahon hamu tong nian manggurithon songon na manambai parbinotoan Aekbolon. Horas mardongan tabe!!

    ReplyDelete
  5. susah banget cari informasi three family tampubolon , bapak saya getol banget bisa mohon bantuaannya ?

    ReplyDelete
  6. please searching this way Tarombo Tuan Sihubil or www.technocraft.org/tuansihubil/tarombo.htm
    gbu

    ReplyDelete

Tidak diklaim kalau yang saya upload adalah sudah benar, jadi bila ada masukan/komentar yang sifatnya meluruskan apalagi menyangkut silsilah/tarombo dengan rendah hati akan saya terima dan saya ucapkan terimakasih