20 Nov 2009

Siahaan Nainggolan??

Judul nadiginjang i ima sungkun-sungkun sian sahalak anggota group "SIAHAAN" di Facebook
sungkun-sungkun Togar Siahaan : Horas tu hita sude Oppung, Bapa Tua, Bapa uda, Abang, Adek, Namboru, Ito, Lae dan Bere, salam kenal Saya Siahaan Namoraitano no.15. Saya mau tanya ada enggak yang tau ceritanya Siahaan Nainggolan??

Alus Siahaan Pangarian (lbn Gorat)

Patar Maringan Parulian Siahaan :
Nainggolan Siahaan atau Siahaan Nainggolan berasal dari pulau Samosir, sejarahnya berawal dari sifat orang batak yang sayang kepada berenya. Ada umpama Batak yang mengatakan "AMAK DO RERE, ANAK DO BERE". Jadi berangkat dari hal inilah yang melahirkan Siahaan Nainggolan. Siahaan Nainggolan adalah keturunan Tuan Pangorian (Siahaan Lumban Gorat).

Yang pasti, Siahaan Nainggolan itu adalah Siahaan tulen dari Lumban Gorat dan tunggu ajalah pesta peresmiannya yang selalu tertunda karena sesuatu dan lain hal.

Togar Siahaan :
Tapi bang Patar, mereka sepertinya lebih mengarah ke marga Nainggolan karena seperti disini ( Batam) mereka ikut punguan Nainggolan

RonaLd HotLand Siahaan :
Saya cuma mau meluruskan saja.. sebagai keturunan Siahaan Lumban Gorat ( Tuan Pangorian ).

ga ada hubungan nya Siahaan Nainggolan dengan Siahaan Lumban Gorat ( Tuan Pangorian ).

Dan Lumban Gorat ( Tuan Pangorian ) hanya punya 3 anak yaitu:
1.Ampanaransang.
2.Sahang Naualu.
3.Silamak lamak.

Demikian penjelesan saya.. sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terima kasih. Horas !!!.

Patar Maringan Parulian Siahaan :
Terima kasih atas penjelasan dari RonaLd HotLand Siahaan, akan tetapi ada baiknya di teliti lebih dalam lagi tentang pomparan Tuan Pangorian apalagi RonaLd berasal dari Lbn.Gorat. Aku juga Siahaan Lbn.Gorat No.14 pomparan Raja Appalotong

RonaLd HotLan Siahaan :
mohon penjelasan nya Bapa Tua..
kalau memang Siahaan Nainggolan dari Lumban Gorat.. dari keturunan yang mana ya ? Apa dari ompu kita Ampanaransang ?

Ampanaransang anak nya 2:
1.Raja Sibau
2.Raja Hatunduhan

Raja Hatunduhan anak nya 3:
1.Patahi
2.Op.Raja Dolok
3.Pajobur

Op.Raja Dolok anak nya 3:
1.Raja Ampallotong
2.Op.Sahuta
3.Jauhari

aku dari pomparan Pajobur.. maka nya aku panggil Bapa Tua.

Mohon maaf jika ada tulisan saya yang salah.. Horas.

Patar Maringan Parulian Siahaan :
Sebelum saya mencoba menceritakan sejarah dari Siahaan Nainggolan, terlebih dahulu saya mohon ma`af kepada semua pihak yang tidak dapat merima cerita sejarah ini dan saya mohon ma`af pula apabila ada kata2 atau hal2 yang kurang atau yang lebih, bila ada yang salah dan yang kurang atau lebih tolong diperbaiki agar semua tahu kebenarannya. Dan kepada saudara2 yang tahu dengan jelas sejarah Siahaan Nainggolan, tolong diperbaiki cerita ini kalau ada kesalahan.
Dimulai dari:
Tuan Pangorian Siahaan/ br. Hombing Lbn. Toruan dari Lintong Ni Huta anaknya 3:
1.Ampanaransang
2.Sahang Na Ualu
3.Si Lamak-lamak
Ampanaransang kawin dengan boru Nainggolan Parhusip dari Nainggolan Samosir.
Pada suatu waktu karena sesuatu dan lain hal, terjadi pertikaian keluarga yang mengakibatkan terbunuhnya Ampanaransang. Pada waktu itu Raja Si Baung sudah lahir dan Raja Sohatunduhan masih dalam kandungan.
Karena kejadian itu, br. Nainggolan merasa hidupnya terancam dan merasa sudah tidak nyaman lagi tinggal di Lbn. Gorat Balige, maka Br. Nainggolan bersama Raja Si Baung meminta untuk tinggal sementara di rumah orang tuanya di Nainggolan Samosir. Mereka diterima dengan baik di Nainggolan apalagi melihat kondisi Br.Nainggolan yang lagi mengandung dan dia melahirkan Raja Sohatunduhan di Nainggolan.
Seiring berjalannya waktu, Raja Si Baung semakin dewasa dan dia kawin dengan boru tulangnya kandung (pariban kandung).
Pada suatu waktu, keturunan dari Juara Monang berjudi di Nainggolan dan hal ini diketahui oleh istri dari Ampanaransang. Istri Ampanaransang mangandung-andung didengar oleh keturunan Juara Monang. Mendengar andung-andung itu, keturunan Juara Monang pun terenyuh dan bertanya mengapa dia mangandung-andung. Maka diceritakanlah semua yang terjadi dan diterangkan pula kalau dia adalah istri Ampanaransang Siahaan anak dari Tuan Pangorian adik Juara Monang yang sudah lama tinggal di Nainggolan, tetapi tidak ada keluarga dari Lbn.Gorat yang datang menjemput mereka untuk kembali dan bahkan mereka merasa seperti sudah tidak diperdulikan lagi oleh keluarga. Setelah mendengar cerita itu, keturunan Juara Monang tersebut merasa malu dan kasihan, maka diajaknyalah istri Ampanaransang bersama Raja Sohatunduhan balik ke Lbn.Gorat. Sementara Raja Si Baung tinggal bersama istrinya di Nainggolan dan punya anak disana.
Setelah sekian lama, Raja Si Baung yang tinggal di Nainggolan minta ijin ke keluarganya untuk mengunjungi ibunya di Lbn.Gorat dengan alasan sudah rindu. Karena sulitnya sarana transportasi pada waktu itu, akhirnya dia samapai ke Dolok Martalitali di Porsea dan disana dia punya anak istri (makanya ada Siahaan Lbn.Gorat di Porsea). Kemudian dari Porsea dia berangkat menuju Ombur dan disana dia punya anak dan istri pula (makanya ada Siahaan Lbn.Gorat di Ombur dan di yakini Raja Sibaung meninggal di Ombur). Setelah lama ditinggal tanpa kabar berita, istri dan anak2 Raja Si Baung yang tingal di Nainggolan merasa ditelantarkan dan mereka selama itu diasuh oleh marga Nainggolan dan pihak Nainggolan sayang pada mereka sehingga mereka dianggap sudah seperti anak sendiri sehingga dimasukkanlah mereka dalam silsilah marga Nainggolan sebagai anak siampudan dari Parhusip.
Jadi keturunan dari Raja Si Baung yang tinggal di Nainggolan inilah yang kemudian hari menjadi Siahaan Nainggolan.
Sampai sekarang mereka sudah sangat banyak di Nainggolan, menurut keterangan sudah ada 3 desa.
Mengenai Raja Sohatunduhan, dia juga kawin dengan boru tulangnya (paribanya kandung Br.Nainggolan Parhusip dan tinggal di Lbn.Gorat), punya anak 3, yaitu:
1.Patahi
2.Op.Raja Dolok
3.Pajobur
Beberapa tahun yang lalu sudah ada upaya2 untuk memperbaiki tarombo dari Siahaan Nainggolan ini, namun karena terbentur oleh masalah finacial hal itu belum dapat terealisasikan. Mudah2an di hari2 mendatang ada orang yang mampu untuk mewujudkannya.
Demikianlah cerita sejarah Siahaan Nainggolan yang pernah aku dapatkan dari orang2 tua kita di Lbn.Gorat, terimakasih telah mau menanyakannya.
Hormat saya untuk semuanya, Patar Maringan Parulian Siahaan.
HORAS!!

Ama Boy :
Terimakasih kpd ampara Patar dan Ronald atas keterangan silsilah Siahaan Nainggolan tersebut. Wajar kalau ada perbedaan soal tarombo, karena kita tahu tarombo bukanlah data tertulis tetapi data yg dibawa secara lisan dan turun temurun. Selama ini saya juga heran kalau ada yg menyebut "Siahaan Nainggolan". Apakah Siahaan yang sonduk hela kekampung Nainggolan?? atau ada keturunan Somba Debata yg tidak terdata?? Demikian juga "Nasution" yg sebagian orang menyebutnya Siahaan juga. Forum ini diharapkan mampu mencerahkan pengetahuan akan tarombo kita. Asa songon hata ni situa2 dohonon, "Marasar ma binsusur diramba ni robean, asa denggan jala atur naeng ma masipaturean" Jala taingot ma poda sijolo2 tubu, "Purpar pande dorpi bahen tu dimposna". Horas!!


Sumber : Facebook group "SIAHAAN"

21 comments:

  1. Horas,
    Ahu Siahaan Tuan Pangorian No. 14 (Raja Baung)
    Ompung nami marhuta di Ombur.
    ditarombo nami anak Tuan Pangorian 5 (lima)
    1. Raja Panaransang
    2. Sahang Naualu
    3. Raja Baung
    4. Datu Lamak
    5. Datu lima

    Tolong Komentar/pencerahan sian angka dongan tubungku.

    mauliate,
    Jonson Siahaan
    email : jonsonsh@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horas Aparah Jonson didia do inganata manang didia boi pajuppang,mauliate.

      Delete
    2. Horas komandan, sarupa do dohot na di au. TP 14 (Si Raja Baung)
      Ido na tinggalhon Bapak(+) tu au, anak ni Tuan Pangorian adong ma 5

      Delete
  2. HORAS SALUHUTNA.....?Au Syahdrawinto SIAHAAN LUMBANGGORAT TUAN PANGORIAN RAJA BAUNG No 14 sian OMBUR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong hub saya di No HP. 085271569339, untuk menjelaskan Tarombo Siahaan Nainggolan poparan tarombo raja sibaung siahaan tuan pangorian anak pertama dari appangarangsang tuan pangorian siahaan.

      Delete
  3. Syalom semua'a...
    aku br. siahaan...
    aku mau tanya siapa yang melahirkan marga siahaan???

    siapaku marga siregar..??
    bona niariku siapa???
    tolong info'anya...
    syalom..:)

    ReplyDelete
  4. Marthin Nainggolan Siahaan26 July 2012 at 00:10

    Siahan Nainggolan atau Nainggolan Siahaan adalah Keturunan dari Nasaktion Siahaan yang sekarag menjadi NASUTION. Artinya Siahaan Nainggolan adalah Nasution, 1 Bapak 2 Mama. Ini sudah Pasti. Horas...

    ReplyDelete
  5. Tanggapan dari tulisan sekilas tentang siahaan nainggolan keturunan dari tuan apppangarangsang/tuan pangorian siahaan lumban gorat.Oleh Nurdin Siahaan Nainggolan dari Samosir Nainggolan

    dalam tarombo PATOPA (parsadaan toga parhusip Nainggolan dan boru) hasil sensus, keturunan toga parhusip Nainggolan yg dimulai tanggal 1 juni 1988 - 30 juni1989 yg diketuai DJP. Parhusip nainggolan mantan anggota DPR Kab Simalungun beranggotan kan 39 orang dalam tarombo tersbut memang ada penjelasan bahwa appangarangsang tuan pangorian siahaan lumban gorat kawin ke boru parhusip Nainggolan anak dari namora jolung parhusip Nainggolan generasi V dari Siraja Batu Nainggolan diperkirakan thn 1516 dan punya keturunan dua orang anak laki -laki yang sulung bernama sibaung dan yg bungsu bernama sihatunduan dimana sihatunduan kembali kebalige tidak dijelaskan dalam tarombo apakah si hatunduhan sama-sama kembali dengan ibunya br parhusip nainggolan.Seiring perjalanan waktu sibaung anak dari Tuan Pangorian Siahaan kawin dengan boru tulang nya namora sobiason Parhusip Nainggolan dan mempunyai keturunan seorang anak laki-laki yg diberi nama marulak uhum dgn gelar tuan marolap Siahaan.tuan marolop Siahaan kawin dengan boru samosir dapat keturunan satu orang anak laki_laki diberi nama op sidondom satu.Dari mulai keturunan op.sidondom satu yang kawin dengan boru samosir ini lah asal muasaal Tuan marolop siahaan parhusip Nainggolan. Tuan Marolop Siahaan Nainggolan dapat keturunan dua orang , yang sulung yg bernama A.sidondom /boru samosir yg bungsu diberi nama op.marbuas/boru sitinjak di dalam tarombo patopa (parsadan toga parhusip Nainggolan dan boru) ditemukan satu catatan menggaris bawahi bahwa sibaung Siahaan keturunan dari Apangarasang Tuan Pangorian Siahaan kira-kira tahun 1566-1591 sibaung Siahaan pergi dari samosir ke Balige untuk menjumpai orang tuanya Apangarasang Tuan Pangorian Siahaan bersama dongan tubu dalam satu rencana membayar adat dimana istrinya br parhusip waktu itu sedang dalam keadan mengandung ,ternyata dalam rencana dari Sibaung membayar adat tsb tidak mendapat dukungan dari orang tua dan dongan tubunya yang mengakibatkan si Baung meninggalkan istri (br Tulangnya Br Parhusip di Nainggolan.Kemudian lahirlah si Marulak Uhum/diberi gelar Tuan Marolop Siahaan dan sesuai dengan berjalannya waktu Marulak Uhum pun menikah dan punya keturunan yang berkembang di Samosir Nainggolan dan pada waktu terjadi penyusunan habiuson disatu kanlah keturunan(pomparan Marulak Uhum/Gelar Tuan marolop Siahaan) masuk dalam horong marga Parhusip Nainggolan dan disetujui oleh Raja Bius pada saat itu menjadi adik dari Parhusip Nainggolan yang selanjutnya secara umum menjadi marga Siahan Nainggolan at

    ReplyDelete
  6. NAinggolan Siahaan.Dari uraian diatas dapat pula diberikan penjelasan tentang generasi keturunan dari Sibaung di Samosir Nainggolan Sibaung punya anak Marulak Uhum/Gelar Tuan Marolop Siahaan Parhusip NAinggolan. Tuan Marolop punya keturunan dua orang anak laki laki yang sulung adalah op. sidomdom satu dan yang bungsu op Raja beta dan sampai pada saat berita tulisan ini dibuat keturunan dari si Sibaung sudah memasuki ke generesi ke XVIII dimulai dari Apangarasang Tuan Pangorian Siahaan dimana keturunannya sampai saat ini ada punya bona pasogit di Desa Janji Marapot Kec NAinggolan,Desa Sipira Kec Onan Runggu,Desa Siantar MAtio Desa Sitinjak Hutagurgur Kec Onan Runggu Kab Pulo Samosir Dan tersebar di di beberapa Kec,Kab,Kota,Propinsi di Negara RI


    dalam keterangan terbaru sesuai dengan yg diberikan oleh saudara indra prada siahaan pangorian ini merupakan informasi baru yg harus dicari kebenaran nya tentang sibaung Ayah dari op.marolop Siahaan Parhusip Nainggolan ) ketika ia kembali kebalige ternyata punya istri didolok martali diporsea dan punya keturunan siahaan lumban gorat disana dan selanjut nya pindah lg ke umbur kwain lagi juga punya keturunan diumbur dan diperkirakan sibaung ayah DARI /tuan marolop Siahaan parhusip Nainggolan meninggal di umbur dan punya keturunan siahaan lumban gorat.Jadi dengan informasi terbaru ini saya dari keturunan generasi ke 14 dari Apangarasang Siahaan Tuan pangorian mengucapkan banyak terima kasih dan ternyata lewt media ini saya dapat mengetahui bahwa ternyata Raja Hatunduhan Siahaan Tuan Pangorian adik dari Sibaung Siahaan Tuan Pangorian sesui dengan tertera dalam tarombo Patopa edisi 1988-1989 ada oleh karena itu semakin jelaslah jawaban bagi setiap yang bertanya dalam hati bagaimana sebenarnya sejarah dari Marga Siahaan Nainggolan . saran jika informasi ini benar tolong di konfermasi lg / dibalas.

    ReplyDelete
  7. Horasss...!!
    Jadi Hamuna Uda masuk tu Toga Nainggolan Parhusip do manang na Siahaan...???
    Mauliate

    ReplyDelete
  8. Fakta..Aku telah mengenal suara, bentuk penutup kepala (topi-topinya) dan hadirnya opung yang mamopar siahaan nainggolan.. hanya kala itu tidak sempat bertanya panjang lebar pada waktu kehadiran oppung itu secara langsung karena tercengang.. Oppung itu menyatakan dengan jelas dan tegas "Pomparanku do ho...ditanda ho do au... martanda do baenonku diharorokon... Au ma Nasaktion" Tanda yang diberinya padaku pada saat kedatangannya adalah ketika itu Cuaca panas, tiba-tiba Hujan dan sejuk kala itu. Kutanya kembali : Didia do oppung tinggal saleleng on? Jawabnya : Dangsina. Inilah Kenyataan yang kualami..mgkn sebagian orang tidak akan percaya cerita yang kutuliskan ini tetapi inilah yang kualami, aku juga bertanya sejak SMA ketika orang tuaku bilang marga siahaan nainggolan do hita pomparan Oppu Marolop marhuta ma hita di janji marrapot nainggolan, molo jumpangmu marga siahaan dongan samarga mai, molo jumpangmu boru siahaan ibotom do i manang namborum... Kenapa dibuat siahaan nainggolan? Jawaban itu kudapat dari panuturi yang kuanggap benar adanya karena dibuktikan kehadiran oppung itu, sebenarnya karena kesaktiannyalah kala itu membuat oppung nasaktion tidak sanggup untuk terus tinggal di nainggolan... banyak perbedaan pendapat dalam kenyataan antara oppung nasaktion dengan simatuanya (mertuanya). Akhirnya oppung itu berangkat dari nainggolan menuju tapanuli selatan menikah lagi dengan boru Hasibuan dibuatlah jadi Marga Nasution. Jujur kusampaikan bahwa doaku sudah terkabul dan terjawab atas pertanyaan didalam hati dan jiwaku selama ini yang bertanya "Ise do au?" Boasa marragam barita na hubege taringot margakkon?? Hatiku sedih, pedih, dan tidak tenang karena sejarah margaku yang tidak jelas... Bagi oppung, bapa tua, bapa uda, abang, appara, haha anggi, namboru, ito, yang membaca tulisan ini semoga bermanfaat. Horas...

    ReplyDelete
  9. Horas kepada saudara-saudaraku siahaan semua ! Ijinkan saya sejenak menyampaikan uraian yang saya dengarkan sendiri dari bapa-tuaku. Kami adalah siahaan dari TUAN PANGERLAM,memiliki 3 anak :
    1. GURU NIAPOAN
    2.RAJA NIBUANG
    3.RAJA NI APUL
    Raja ni buang memiliki 2 anak :
    1. Tunggul ni pasir
    2.Appangolat
    Appangolat memiliki 2 anak :
    1. Bermukim di nainggolan menikah dgn boru parhusip
    2.Op. Baus.
    Op. Baus memiliki 2 anak :
    1.Appanogir
    2. Op. Raja naning (bermukim di parranginan)
    Jadi konon, oppung yang yg di nainggolan ini adalah datu bolon, beliau mengumpulkan binatang-binatang kecil, seperti capung, kalajengking, jangkrik, dan lain-lain lalu memeliharanya dalam hudon tano yang di tutup rapi, sebagai bahagian dari keilmuannya. Dan beliau memberi tahu oppung boru nainggolan untuk tidak membuka "hudon tano" namun saat oppung doli tersebut. suatu ketika. Oppung doli ini pergi ke ladang mungkin entah krn panasaran. Oppung boru nainngolan membuka hudon tano tersebut, dan binatang-binatang peliharaan oppung doli ini keluar dari hudon tano. Dan binatang-binatang kecil ini datang ke kebun menghampiri oppung doli ke ladang, melihat hewan-hewan peliharaannya datang menghampirinya, oppung doli lalu pulang dan melihat hudon tano-nya telah terbuka. Lalu bertanya ke oppung boru siapa yang membuka hudon tanonya. Oppung boru nainggolan mengatakan dia membuka hudon tano tersebut. Mendengar itu oppung doli marah besar ke oppung boru nainggolan karena tidak mengindahkan pesan oopung doli.oppung doli marah Dan memotong (maaf) buah dada dari Oppung boru nainggolan,saat itu oppung boru nainggolan sedang mengandung(Hamil) setelah itu lalu oppung doli melarikan diri ke TIPANG (Bakara)menemuai adiknya OPPU BAUS (yaitu oppung kami) dan menikah lagi di TIPANG dengan boru sihombing. Dan Oppu baus juga menikah dengan boru sihombing ! Dan sejak Oppung doli ini melarikan diri ke tipang, Oppung boru nainggolan tetap tinggal di nainggolan dan di besarkan oleh oppung nainggolan. Sampai anak ini besar,karena oppung doli belum sempat menceritakan tarombonya jadi oppung boru nainggolan taunya hanya siahaan, dan karena tidak ada penjelasan oppung doli itu siahaan yang mana, lalu mereka menamainya siahaan nainggolan,

    Pada tahun 1965, pernah terbentuk persatuan siahaan se indonesia. Di Pimpin oleh Jenderal AH. Nasution. Sudah pernah di utus untuk memperjelas silsilah tersebut ke marga nainggolan, di samosir. Dan Nainggolan menerima niat baik tersebut. Dan di rencanakan juga agar siahaan akan membayar hutang adat ke pihak nainggolan, dan rencananya akan di laksanakan saat pesta peresmian persatuan siahaan seindonesia. Namun rencana baik tersebut tak tercapai karena ternyadinya peristiwa G 30 S PKI, yang mana yang mengetuai saat itu Jenderal AH nasution menghadapi gejolak G 30 S PKI 1965 dan sampai sekarang niat tersebut belum terlaksana ! Demiakian sedikit penuturan saya yang saya kutip dari bapa tua saya yang terlibat dalam rencana tahun 1965 tersebut di atas. Mudah-mudahan uraian saya ini bisa kita kaji, dan mungkin sebagai bahan perbandingan bagi bapak/abang/ saudara-saudaraku sekalian.

    ReplyDelete
  10. Horas, opung, Bapatua, Bapauda, amang boru, dan namboru dan dongan tubu, ada baiknya utk mengundang seluruh organisasi PPSD Se - Indonesia, utk memperjelas sejarah dan menambah dana utk bisa menggali lebih dalam info tentang siahaan.. terima kasih...

    ReplyDelete
  11. Sattabi bpk tua abg akka dongan tubu niba d group on.d son nabodari berdebat alani siahaan nenggolan.abg na mangaku marga siahaan jala masik punguan siahaan do nasida.ro anggina molo halak manukkun marga aha nasida.alusna nenggolan.jala angginaon pe sahat tu sadarion.bingung naeng masuk punguan.molo tu nenggolan ibana soadong inna nenggolan siahaan idong marga nenggolan.naeng tu siahaan nasida nga maila nasida alana ibana berkeras mangakku bahwa nasida marga nenggolan.
    Jadi manukkun majolo au tuakka dongan tubu ku nenggolan siahaan i tu hita dope masuk i natua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nainggolan Siahaan masuk horong Nainggolan,lae.Klu mereka masuk Siahaan berarti Nainggolan na lilu do i,lae.

      Delete
  12. Nainggolan siahaan di kab samosir adalah masuk Parsadaan Toga Parhusip yaitu keturunan Parhusip generasi ke V yaitu dari Namora Jollung Parhusip anaknya dua, yang sulung Namora sobiason,dan Panarasang yang no dua, jadi Nainggolan Parhusip sub Panarassang generasi VI thn 1541 punya keturunan yaitu Sibaung,Dan sibaung punya keturunan yaitu Tuan marolop Siahaan,kebetulan dimulai dari keturunan Tuan Marolop Siahaan di bona pasogit dalam identitas umumnya dibuat hanya marga Siahaan,diperantauan ada yang membuat Parhusip, bahkan ada yang membuat Nainggolan yang sumbernya dari Nainggolan Parhusip sub Tuan Marolop Siahaan dan sda punya Tugu Prasasti Di Nainggolan yaitu Tugu PATOPA,jadi kalau ada pendapat bahwa Naingholan Parhusip sub Tuan Marolop Siahaan ada hubungannya dengan Siahaan Somba Debata bagaimana cara membuktikannya,

    ReplyDelete
  13. Sedih kalau ada semargaku ;siahaan yang keberadaannya belum di terima

    ReplyDelete
  14. Saya poparan op marolop tinggal di janji marapot..ya saya juga kecarian tentang tarombo ini..trima kasih udah terbuka pikiran aq sedikit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbuka pikiran Abang jadi marga Siahaan kah ?

      Delete
  15. Horas...
    Saya marga Parhusip.
    Dalam tarombo kami Parsadaan Toga Parhusip (PATOPA) seluruh dunia, tidak ada lagi sebutan marga Siahaan Nainggolan maupun Nainggolan Siahaan. Yang ada yaitu marga Parhusip Pomparan Op. Marolop (sebagai siampudan marga Parhusip).
    Molo tung pe marampara Manang marlae hita Siahaan Somba Debata - Parhusip, dang pola sala i.
    Asal ma denggan² Hita, da ido nuaeng ?
    Mauliate jala Horas di Hita ganup.

    ReplyDelete

Tidak diklaim kalau yang saya upload adalah sudah benar, jadi bila ada masukan/komentar yang sifatnya meluruskan apalagi menyangkut silsilah/tarombo dengan rendah hati akan saya terima dan saya ucapkan terimakasih